TOKYO, Jepang. Mahasiswa Teknik Elektro raih mendali Emas dan Special Award dari Romania dalam ajang Japan Design Idea and Invention Expo. Perlombaan ini diselenggarakan pada tanggal 3-5 Agustus 2018 berlokasi di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang. Perlombaan ini diikuti oleh 85 Peserta dari 7 Negara. Event ini diselenggarakan bekerja sama dengan Innopa yaitu Lembaga yang menaungi Inovator Muda di Indonesia untuk mengikuti lomba ditingkat Internasional.

Mahasiswa Teknik Elektro bernama Miftahuddin Irfani dengan dua mahasiswa lain dari fakultas KIP dan MIPA mengajukan Inovasi yang berjudul COPES’T (Controlling Pest) yaitu inovasi alat penerangan jalan umum engontrol hama wereng menggunakan energi dari panel surya yang dilengkapi dengan solat tracker thermooelektrik sebagai solusi jutaan hektar area persawahan di Indonesia.

Pameran dilakukan selama 2 hari dengan penilaian presentasi pada dewan juri. Pembuatan Prototype Alat berlangsung selama 2 bulan menggunakan microcontroller ATmega8535 sebagai prosessor solar tracker dan lampu jalan.

Categories: Berita TE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *