Konsentrasi di Program Studi Teknik Elektro FT UNS

1. Sistem Energi Listrik
Konsentrasi ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai pengetahuan dan kemampuan di bidang sistem energi listrik. Untuk mendukung hal tersebut, mahasiswa mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan sistem energi listrik, antara lain, yaitu Pembangkitan Tenaga Listrik, Transmisi dan Distribusi, Teknik Tegangan Tinggi, Perlengkapan Sistem Tenaga, Teknik Proteksi, Analisis Sistem Tenaga, Manajemen energi, dan Mesin Listrik Lanjut.

 

2. Sistem Isyarat Elektronik
Konsentrasi ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai pengetahuan dan kemampuan di bidang sistem isyarat elektronik. Untuk mendukung hal tersebut, mahasiswa mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan sistem isyarat elektronik, antara lain, yaitu Perancangan Sistem Digital, Sistem Komunikasi, Elektronika Digital, Teknik Pengolahan Isyarat Digital, Teknik Kendali Digital, dan Perancangan Sisten Elektronis.

 

3. Sistem Mekatronika
Konsentrasi ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai pengetahuan dan kemampuan di bidang sistem mekatronika. Untuk mendukung hal tersebut, mahasiswa mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan sistem mekatronika, antara lain, yaitu Pneumatik-Hidrolik, PLC, Sistem Berbasis Mikroprosesor, Sistem Otomasi, HMI, dan Sistem terintegrasi.

4. Sistem Informatika
Konsentrasi ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai pengetahuan dan kemampuan di bidang sistem informatika. Untuk mendukung hal tersebut, mahasiswa mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan sistem informatika, antara lain, yaitu Sistem Operasi, Pemrograman Beorientasi Objek, Teknologi Basis Data, Teknik Antar Muka dan Periperal, Rekayasa Perangkat Lunak, Organisasi dan Arsitektur Komputer, Teknik Komputer Interaktif, Teknologi Multimedia, dan Pemrograman Jaringan Web.