Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana menyelenggarakan lomba Codig Competition 3.0 yang merupakan serangkaian acara dari Fasilkom Week Education Festival 2020. Kegiatan ini merupakan kegiatan bertaraf nasional yang rutin diadakan setiap tahunnya. Hal yang membedakan tahun ini dengan tahun sebelumnya yaitu seluruh rangkaian kegiatan dilakukan secara daring atau menggunakan media online. Kegiatan Fasilkom Week Education Festival 2020 ini memiliki banyak cabang kegiatan, salah satunya yaitu Codig Competition yang juga memiliki 5 kategori lomba seperti Game Development, UX Design, Data Mining, Business Application, dan Scientific Paper.

Tim Barakarta Teknik Elektro UNS

Kegiatan Fasilkom Week Education Festival 2020 dilaksanakan dari 15 Oktober 2020 hingga 19 Desember 2020. Pendaftaran dan pengumpulan proposal serta video dilaksanakan dari 15 Oktober 2020 hingga 30 November 2020. Pengumuman proposal lolos pada tanggal 10 Desember 2020. Pengumpulan tahap 2 yaitu proposal akhir, game, video, dan juga poster dari finalis dilaksanakan dari 11 Desember 2020. Pelaksanaan final berdasarkan tahap 2 dilaksanakan dari 16 Desember 2020 hingga tanggal 18 Desember 2020. Karena adanya pandemic COVID 19 maka proses presentasi dan tanya jawab pada tahap final dilakukan secara online menggunakan media zoom. Pengumuman dan penganugerahan juara dilaksanakan secara online pada tanggal 19 Desember 2020 melalui media zoom.

Pada lomba kali ini tim TE dengan nama Tim Barakarta yang beranggotakan Abdul Latif Priyadi ( Teknik Elektro 2019 ), Salsabila Ananda Putri ( Teknik Elektro 2019 ), dan Rebekka Siswandina Sari (Teknik Elektro 2019) berhasil meraih Juara 1 dalam kegiatan Codig Competition 3.0 kategori lomba Game Development.

Tim bimbingan Bapak Hari Maghfiroh, M.Eng. ini berhasil mengembangkan sebuah game inovasi dengan judul Klasifikasi Binatang. Game yang dibuat kali ini memiliki genre arcade dengan mengandung unsur edukasi sebagai pengetahuan dan pengajaran terkait materi pengelompokan hewan. Game ini selain memiliki gameplay yang dapat melatih ketangkasan dan kelincahan juga dilengkapi dengan fitur belajar yang berisi audio, gambar, deskripsi, dan rangkuman untuk memudahkan pemain dalam memahami materi yang diujikan dalam game. Selain itu game Klasifikasi Binatang juga memiliki desain baik visual dan audio yang dirasa mampu menarik perhatian pemain untuk bermain sekaligus belajar. Dengan diciptakannya game ini diharapkan agar masyarakat Indonesia dapat lebih rajin dan semangat dalam belajar serta tidak menjadikan pandemi covid-19 ini sebagai penghalang dari pemahaman belajar anak-anak khususnya siswa Sekolah Dasar (AR).

 


Leave a Reply