Institut Teknologi Sepuluh Nopember menyelenggarakan lomba Lustrum ITS Technovasion Festival yang merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis ITS. Lustrum ini diadakan setiap 5 tahun sekali dan pada tahun ini merupakan acara Lustrum ke-XII yang juga berarti 60 tahun kampus ITS. Kegiatan lomba Lustrum ITS Technovasion Festival Tingkat Nasional Institut Teknologi Sepuluh Nopember tahun 2020 ini memiliki banyak cabang perlombaan, salah satunya yaitu Lomba Pengembangan Game Inovatif. Tema dari LPGI kali ini adalah “ Menyongsong Masa Depan yang Lebih Baik ”.
Kegiatan Lomba Lustrum ITS Technovasion Festival Tingkat Nasional Institut Teknologi Sepuluh Nopember dilaksanakan dari 27 Juli 2020 hingga 2 November 2020. Pendaftaran dan pengumpulan proposal dilaksanakan dari 27 Juli 2020 hingga 7 September 2020. Pengumpulan tahap 2 atau pengumpulan game dilaksanakan dari 11 September 2020 hingga 17 Oktober 2020. Pelaksanaan final berdasarkan tahap 2 dilaksanakan dari 18 Oktober 2020 hingga tanggal 24 Oktober 2020. Karena adanya pandemic COVID 19 maka proses presentasi dan tanya jawab pada tahap final dilakukan secara online menggunakan media zoom. Pengumuman juara dilaksanakan secara online melalui media instagram pada tanggal 2 November 2020. Penganugerahan Juara dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 melalui media zoom.
Pada lomba kali ini tim TE dengan nama Tim Barakarta yang beranggotakan Abdul Latif Priyadi ( Teknik Elektro 2019 ) dan Salsabila Ananda Putri ( Teknik Elektro 2019 ) berhasil meraih Juara 3 dan Juara Favorit dalam Lomba Lustrum ITS Technovasion Festival Tingkat Nasional Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Tim TE berhasil mengembangkan sebuah game inovasi dengan judul Dream and Hope. Game yang dibuat kali ini memiliki genre misteri dengan mengandung banyak pesan moral didalamnya. Game ini juga dibumbui banyak cerita yang cukup menyentuh hati para pemainnya. Dream and Hope dengan arti Mimpi dan Harapan menceritakan kisah hidup seorang laki-laki dewasa berusia 25 yang memiliki kehidupan suram dan tidak layak akibat dari perilakunya di masa lalu. Namun tiba-tiba ia kembali ke masa lalu di masa dirinya melakukan perilaku buruk tersebut seperti narkoba, merokok, minum-minuman keras, dan lain-lain. Pada game ini pemain diminta untuk memainkan Jaya yang merupakan tokoh utama agar dapat memperbaiki hidupnya dengan cara mencegah dirinya yang di masa lalu agar tidak kecanduan dengan hal buruk tersebut. Melalui game ini didapatkan pesan bahwa sebelum bertindak haruslah memikirkan segala wujud resikonya. Dengan game ini juga diharapkan supaya masyarakat Indonesia dapat lebih berhati-hati dalam membuat keputusan supaya tidak terjadi penyesalan dalam hidupnya kelak. (AR)
0 Comments